Kamis, 15 Oktober 2015

TENTANG JAMAAH TABLIG

Bismillah...

📙Tentang Jama'ah Tabligh

📎Jamaah Tabligh tentu bukan nama yang asing lagi bagimasyarakat kita, terlebih bagi mereka yang menggeluti duniadakwah.

📎Dengan menghindari ilmu-ilmu fiqh dan aqidah yangsering dituding sebagai ‘biang pemecah belah umat’,membuat dakwah mereka sangat populer dan mudah diterimamasyarakat berbagai lapisan.

📎Bahkan saking populernya, bila ada seseorang yangberpenampilan mirip mereka atau kebetulan mempunyai ciri-ciri yang sama dengan mereka, biasanya akan ditanya; ”Mas,Jamaah Tabligh, ya?” atau “Mas, karkun, ya?”

📎Pro dan kontra tentang mereka pun meruak. Lalubagaimanakah hakikat jamaah yang berkiblat ke India ini?

📝Kajian kali ini adalah jawabannya.

📜Pendiri Jamaah Tabligh

👉Jamaah Tabligh didirikan oleh seorang sufi dari tarekatJisytiyyah yang berakidah Maturidiyyah dan bermadzhab fiqih Hanafi.

👉Ia bernama Muhammad Ilyas bin Muhammad Isma’ilAl-Hanafi Ad-Diyubandi Al-Jisyti Al-Kandahlawi kemudian Ad-Dihlawi.

📎Al-Kandahlawi merupakan nisbat dari Kandahlah,sebuah desa yang terletak di daerah Sahranfur. SementaraAd-Dihlawi dinisbatkan kepada Dihli (New Delhi), ibukotaIndia.

📎Adapun Ad-Diyubandi adalah nisbat dariDiyuband, yaitu madrasah terbesar bagi penganut madzhabHanafi di semenanjung India.

📎Sedangkan Al-Jisyti dinisbatkankepada tarekat Al-Jisytiyah, yang didirikan oleh Mu’inuddin Al-Jisyti.

👉Muhammad Ilyas sendiri dilahirkan pada tahun 1303 Hdengan nama asli Akhtar Ilyas. Ia meninggal pada tanggal 11Rajab 1363 H.
(Bis Bri Musliman, hal.583, SawanihMuhammad Yusuf, hal. 144-146, dinukil dari Jama’atutTabligh Mafahim Yajibu An Tushahhah, hal. 2)

📜Latar Belakang Berdirinya Jamaah Tabligh

Asy-Syaikh Saifurrahman bin Ahmad Ad-Dihlawi mengatakan :
👉”Ketika Muhammad Ilyas melihat mayoritas orang Meiwat(suku-suku yang tinggal di dekat Delhi, India) jauh dari ajaran Islam, berbaur dengan orang-orang Majusi para penyembahberhala Hindu, bahkan bernama dengan nama-nama mereka, serta tidak ada lagi keislaman yang tersisa kecuali hanyanama dan keturunan, kemudian kebodohan yang kian merata,tergeraklah hati Muhammad Ilyas.

👉Pergilah ia ke Syaikhnya dan Syaikh tarekatnya, seperti Rasyid Ahmad Al-Kanhuhi danAsyraf Ali At-Tahanawi untuk membicarakan permasalahanini. Dan ia pun akhirnya mendirikan gerakan tabligh di India,atas perintah dan arahan dari para syaikhnyatersebut.” (Nazhrah ‘Abirah I’tibariyyah Haulal Jama’ah At-Tablighiyyah, hal. 7-8, dinukil dari kitab Jama’atut TablighAqa’iduha Wa Ta’rifuha, karya Sayyid Thaliburrahman, hal. 19)

👉dan merupakan suatu hal yang ma’ruf di kalangan tablighiyyin(para pengikut jamah tabligh, red) bahwasanya MuhammadIlyas mendapatkan tugas dakwah tabligh ini setelah kepergiannya ke makam Rasulullah  shalallahu 'alaihi wa sallam.(Jama’atut TablighMafahim Yajibu An Tushahhah, hal. 3).

📜Markas Jamaah Tabligh

👉Markas besar mereka berada di Delhi, tepatnya di daerahNizhamuddin.

👉Markas kedua berada di Raywind, sebuah desa
di kota Lahore (Pakistan).

👉Markas ketiga berada di kotaDakka(Bangladesh).

👎Yang menarik, pada markas-markas
mereka yang berada di daratan India itu, terdapat hizb (rajah)yang berisikan Surat Al-Falaq dan An-Naas, nama Allah yangagung, dan nomor 2-4-6-8 berulang 16 kali dalam bentuk segiempat, yang dikelilingi beberapa kode yang tidak dimengerti.
(Jama’atut Tabligh Mafahim Yajibu An Tushahhah, hal. 14)

👎Yang lebih mengenaskan, mereka mempunyai sebuah masjiddi kota Delhi yang dijadikan markas oleh mereka, di mana dibelakangnya terdapat empat buah kuburan.

👆Dan ini menyerupai orang-orang Yahudi dan Nashrani, di mana mereka menjadikan kuburan para nabi dan orang-orang shalih dari kalangan mereka sebagai masjid.

👆Padahal Rasulullah 󰀀🏾melaknat orang-orang yang menjadikan kuburan sebagaimasjid, bahhkan mengkhabarkan bahwasanya mereka adalah
sejelek-jelek makhluk di sisi Allah 🙅🏽.
(Lihat Al-Qaulul BalighFit Tahdziri Min Jama’atit Tabligh, karya Asy-Syaikh HamudAt-Tuwaijiri, hal. 12)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar