Sabtu, 24 Oktober 2015

TANDA HARI KIAMAT

🌏🌋 TANDA HARI KIAMAT
____________________________

# Ditenggelamkannya penduduk bumi kedalam bumi

Dari Hudzaifah bin Usaid Al-Ghifari -رضي الله عنه-, ia berkata:

اطَّلَعَ النَّبِيُّ عَلَيْنَا وَنَحْنُ نَتَذَاكَرُ فَقَالَ: َما تَذَاكَرُونَ؟ قَالُوا: نَذْكُرُ السَّاعَةَ. قَالَ: إِنَّهَا لَنْ تَقُومَ حَتَّى تَرَوْنَ قَبْلَهَا عَشْرَ آيَاتٍ. فَذَكَرَ الدُّخَانَ وَالدَّجَّالَ وَالدَّابَّةَ وَطُلُوعَ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا وَنُزُولَ عِيسَى بْنِ مَرْيَمَ وَيَأْجُوجَ وَمَأْجُوجَ وَثَلَاثَةَ خُسُوفٍ؛ خَسْفٌ بِالْمَشْرِقِ وَخَسْفٌ بِالْمَغْرِبِ وَخَسْفٌ بِجَزِيرَةِ الْعَرَبِ، وَآخِرُ ذَلِكَ نَارٌ تَخْرُجُ مِنَ الْيَمَنِ تَطْرُدُ النَّاسَ إِلَى مَحْشَرِهِمْ

Nabi muncul kepada kami saat kami sedang saling berbincang, maka beliau berkata: “Kalian sedang saling mengingat apa?” Mereka menjawab: “Kami sedang mengingat hari kiamat.” Beliau mengatakan: “Sesungguhnya kiamat tidak akan bangkit sehingga kalian melihat sebelumnya sepuluh tanda.” Lalu beliau menyebutkan asap, Dajjal, Daabbah, terbitnya matahari dari arah barat, turunnya Isa bin Maryam, Ya’juj dan Ma’juj, dan tiga khusuf; khusuf di timur, khusuf di barat dan khusuf di Jazirah Arab, dan yang terakhir adalah api yang keluar dari Yaman, menggiring manusia ke tempat dikumpulkannya mereka. (Shahih, HR. Muslim)

---------

📑 Makna Khusuf Dikatakan ﺧَﺴَﻒَ ﺍﻟْﻤَﻜَﺎﻥُ (suatu tempat mengalami khusuf) bila tempat itu tenggelam dan hilang ke dalam bumi. Di antara penggunaan kata tersebut dengan makna demikian adalah firman Allah subanahu wata’ala:

{ ﻓَﺨَﺴَﻔْﻨَﺎ ﺑِﻪِ ﻭَﺑِﺪَﺍﺭِﻩِ ﺍﻷﺭْﺽ}َ

“Maka Kami benamkanlah (Qarun) beserta rumahnya ke dalam bumi.” (Al-Qashash: 81)

➡ Apakah Tiga Khusuf ini Sudah Terjadi?

🔰 Tiga khusuf ini belum terjadi, sebagaimana juga belum nampak satupun tanda-tanda kiamat besar yang lain.

Meskipun demikian, sebagian ulama berpendapat bahwa hal ini telah terjadi, sebagaimana pendapat Asy-Syarif Al-Barzanji.

✅ Namun yang benar, tanda-tanda kiamat besar belum terjadi satupun, hingga sekarang. Hanya saja memang terjadi beberapa khusuf di beberapa tempat dan masa yang berbeda, yang merupakan tanda-tanda kecil akan terjadinya kiamat. Tiga khusuf ini terjadi dalam skala besar dan merata, mencakup banyak tempat di bumi, di timur, barat, dan Jazirah Arab. Ibnu Hajar rahimahullahu berkata: “Terjadi khusuf di beberapa tempat, namun mungkin yang dimaksud dengan tiga khusuf ini lebih dari apa yang telah terjadi. Seperti, lebih besar skalanya, baik luas wilayah ataupun ukurannya.”
Yang menguatkan hal ini adalah apa yang disebutkan dalam hadits bahwasanya tiga khusuf ini terjadi hanya bila di kalangan manusia banyak terjadi al-khabats dan tersebar kemaksiatan.

Wallahu a’lam.

📚(Diambil dari Asyrathus Sa’ah hal. 381-382, karya Yusuf bin Abdullah bin Yusuf Al-Wabil)

🌐 asysyariah.com/tiga-khusuf/


WA Berbagi Faedah [WBF] |  https://jendelasunnah.com
------------------------------------------------
                      🌐📡 -WBF- 📡🌐
------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar