Selasa, 20 Oktober 2015

PENGENALAN MANHAJ SALAF BAGI PEMULA BAG 33

*****************
📜🌹 PENGENALAN MANHAJ SALAF BAGI PEMULA
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰✔

📊 BAGIAN 3⃣3⃣

📈 KESITIMEWAAN MANHAJ SALAF 📉

⭐ Asy Syaikh DR. Abdussalam bin Salim as-Suhaimi Hafizhahulloh.

^^^^^^^^^^^^^^^^^^

🔢 Diantara keistimewaan manhaj salaf.:

1⃣. Keteguhan / tegarnya pemeluknya di atas al-haq dan tidak mudah goyah/ berpindah-pindah sebagaiman keadaan ahli ahwa'.

⭐ Hudzaifah radhiallohuan pernah berkata kepada Abu Masud.: " Sesungguhnya yang dusebut kesesatan adalah engkau membenarkan apa yang dulu engkau ingkari dan mengingkari apa yang dulu engkau benarkan, maka janganlah berubah warna dalam agama, karena agama Allah itu satu.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Rahimahulloh dalam majmu' fatawa berkata.: "Secara umum, kekokohan dan keteguhan di kalangan ahlil hadita dan sunnah jauh berlipat ganda darioada yang ada di kalangan ahli kalam dan filsafat".

Beliau juga berkata.: " Sesungguhnya apa yang ada di kalangan awam muslimin dan ulama' mereka ahlus sunnah wal jama'ah, baik ,ma'rifah, keyakinan, ketenangan, kepastian kepada al-haq dan perkataan yang teguh, kepastian dengan apa yang mereka yakini adalah perkara yang tidak diperselisihkan lagi kecuali mereka telah dicabut oleh Allah dan diennya.

~~~~~

2⃣, Termasuk keistimewaan manhaj salaf juga adalah kesepakatan pemeluknya diatas satu 'aqidah dan tidak berselisih walaupun berbeda zaman dan tempat.

~~~~~

3⃣. Bahwasanya mereka adalah orang yang paling tahu keadaan Nabi Muhammada Sholallohu 'Alaihi wassalam, peebuatan dan perkataan beliau, bahkan paling mampu membedakan/ memisahkan antara yang shahih dan yang dhaif. Sebab itu mereka adalah orang yang paling sangat mencintai kepada as sunnah, paling semangat mengikutinya dan paling tinghi loyalnya kepada pemeluknya.

Syaikhul Islam Ibnu Taimyah Rahimahulloh dalam Majmu' fatawa berkata.: "Sesungguhnya, disebabkan Rasul sholallohu 'Alaihi Wassalam adalah mahluk yang palinh sempurna, paling mengetahui terhadap hakikay kebenaran, paling benar ucapan dan perintahnya, maka tentunya siapa saja yang paling tahu tentang beliau adalah orang yang paling tahu tentang kebenaran itu. Dan te tulah siapa saja yang paling sejalan dan palinh sesuai dengan beliau adalah orang yang paling utama.

~~~~~

4⃣. I'tiqad mereka bahwa metode/jalan salaf dalah jalan yang aslam ( paling selamat ), a'lam ( paling berilmu ), dan ahkam (paling hikmah/bijak). Bukan sebagaimana anggapan dikatakan sebagian ahli kalam bahwa jalan salaf itu aslam, sedangkan jalan khlaf itu lebih a'lam dan ahkam.

Syaikhul Islam Ibni Taimiyah Rahimahulloh dalam majmu' fataw berkata.: " Sungguh mereka benar-benar berdusta terhadap metode salaf dan tersesat karena menganggap benar jalan khalaf. Mereka telah menghimpun antara kebodohan tentang jalan salaf dan kedustaan terhadap mereka, dengan kebodohan dan kesesatan karena menganggap bemar jalan khalaf".

~~~~~

5⃣. Diantara keistimewaan mereka, yang membedakan ( dari yang lain ) adalah semangatmereka menebarkan 'aqidah yang shahih, dien yang lurus dan mengajarkan serta menasehati manusia dan ,membantah orang-orang ahli bidah dan mereka yang menyelisihi.

~~~~~

6⃣. Mereka bersikap pertengahan diantara golongan-golongan ( firqoh) yang ada.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Rahimahulloh dlam majmu' fatawa berkata.: " Ahlus sunnah didalam Islam seperti Ahlul Islam diantara seluruh Agama".

Menurt beliau juga.: " Mereka pertengahan dalam masalah Asma' Allah, antata ahli ta'thil al jahmiyah dan ahli tamtsil kaum Musyabihah (yang meyerupakan) diantara semua agama.
Mereka pun pertengahan dalam masalah af'al (perbiatan) Allah Azza wa Jalla antara Al Qodariyah dan Al Jabariyah, dalam masalah menyikapi al wa'id (ancaman) antar Murji'ah dan Wa'idiyah dari kalangan Qadariyah yang lainnya.
Dan dalam masalah sebutan sebutan Iman san Agama, pertengahan antara kaum Al Haruriyah (Khawarij) dengan Mu'tazilah dan antara Murji'ah dan kaum Jahmiyah. Sedangkan dalam masalah sahabat Nabi Sholallohu 'Alaihi Wassalam, mereka pertengahan antara Rafidhah dengan Khawarij...

=================

📱 Sumber diambil dari.: Kun salafiyyan 'alal jaaddah, karya Asy Syaikh DR. Abdussalam bin Salim As-Suhaimi Hafizhahulloh

📊 BERSAMBUNG IN SYAA ALLAH KE BAGIAN 3⃣4⃣

📜✏ WA PECINTA AL-HAQ
➖➖〰〰〰〰〰〰➰✔

Tidak ada komentar:

Posting Komentar