Selasa, 29 September 2015

Istiqoma di atas akidah

📚 ISTIQOMAH DI ATAS AKIDAH (bagian :3/terakhir)

◆◇◆◇◆◇◆◇◆◇◆◇◆◇◆◇◆◇◆◇◆◇◆◇◆◇◆◇◆◇◆◇◆◇◆◇◆◇◆

     ✅ Kemudian , disana ada perkara yang perlu diperhatikan ! Yaitu :
Bahwa jalan yang lurus itu jika kita menginginkan mengetahuinya , mesti kita harus kembali kepada kitabullah dan kepada tafsirnya dengan atsar -yakni dengan sunnah , dan dengan amalan rasulصلى الله عليه وسلم , serta amalan para shohabat رضي الله عنهم setelahnya .
Dan mesti kita harus mempelajari as-sunnah -yakni :
al-hadits yang dengannya kita bisa mengetahui hal itu .

Allahتعالى berfirman :
--------------------
وما كان المؤمنون لينفروا كافة فلوﻻ نفر من كل فرقة منهم طائفة ليفقهوا في الدين ولينذروا قومهم إذا رجعوا لعلهم يحذرون .      التوبة : 122

Dan tidaklah seharusnya kaum mukminin berangkat (berperang) seluruhnya , maka hendaknya ada dari setiap kelompok diantara mereka ada sekelompok yang memperdalam ilmu agama , dan agar mereka bisa memberi peringatan kaum mereka jika telah kembali kepada mereka (dari berperang) , mudah-mudahan mereka mengambil peringatan . ( at-taubah : 122 )

✅ Maka untuk  mengetahui jalan yang lurus mesti harus kembali kepada kepada al-kitab dan as-sunnah , dan kepada apa yang tetap dari siroh perjalanan hidup Nabi    صلى الله عليه وسلم , dan amalan Al-khulafaau Ar-rasyidun , dan para Aimmah dari setelah mereka . Dan hal ini tidak bisa diketahui kecuali dari hadits , maka dengan hadits itu diketahui pemahaman agama dan hukum-hukum syari'at , dan dengan hadits diketahui amalan para sahabat dan akidah mereka , dan juga amalan-amalan salaf dari para imam pendahulu , para pembawa hadits yakni orang-orang yang benar akidahnya .
Maka wajib atas kita dengan hal itu dan bersungguh-sungguh didalamnya , dan mengerahkan kemampuan didalam mengenal hal itu (akidah yang benar ) .

✅ Sungguh Nabiصلى الله عليه وسلم bersabda sebagaimana dalam as-shohihain :
----------------------
من يرد الله به خيرا يفقهه في الدين 🔖
🔖 Barang siapa yang Allahتعالى kehendaki kebaikan kepadanya , niscaya Allahتعالى pahamkan agamanya .

《Hr.Bukhori dan Muslim , dari sahabat Mu'awiyyah
bin Abi Sufyan رضي الله عنه 》.

💎 Seorang yang Allahتعالى pahamkan agamanya maka diharapkan bahwa Allahتعالى menghendaki kebaikan baginya . Demikian pula dia mendapatkan do'a yang Al-Musthofaصلى الله عليه وسلم berdo'a dengannya :

نضر الله امرأ سمع مقالتي فوعاها ، ثم أداها إلى من لم يسمعها
🔖 Semoga Allahتعالى menjadikan wajah seorang berseri-seri , dia mendengar ucapan-ucapanku kemudian dia menjaganya , kemudian dia menyampaikan kepada orang yang tidak mendengarnya (1) .

~ Ini merupakan do'a : Seseorang dijadikan wajahnya bersinar/berseri-seri .

✅ Diantara hadits yang menghasung untuk memahami, memperdalam ilmu agama , sabda Nabiصلى الله عليه وسلم :

ما اجتمع قوم في بيت من بيوت الله يتلون كتاب الله ويتدارسونه فيما بينهم إﻻ نزلت عليهم السكينة و غشيتهم الرحمة و حفتهم المﻻئكة وذكرهم الله فيمن عنده
🔖 Tidaklah berkumpul suatu kaum di salah satu rumah dari rumah-rumah Allah yang mereka membaca kitab Allah dan saling mempelajarinya diantara mereka , kecuali akan turun atas mereka ketenangan , dan mereka akan diliputi rahmat , dan dikelilingi oleh malaikat , dan Allah menyebut-nyebut mereka dihadapan mahluk (malaikat) yang ada di sekeliling-Nya (2) .

🔰 Ini merupakan pendahuluan wasiyat untuk kita para penuntut ilmu , dan hasungan untuk mengikuti jalan kebenaran . Kita berharap bisa menempuhnya dan tidak menyelisihinya وبالله التوفيق .

~ Selesai
الحمد لله بنعمه تتم الصالحات وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم

✅ Marja ' :
📘 Itmaamul-minnah bisyarhi ushulis-sunnah
✅ Karya :
Syaikh Ahmad bin Yahya An-Najmy رحمه الله تعالى

◇◇◇◇◇◇◇◇◇◇◇◇◇◇◇◇◇◇◇◇◇◇◇◇◇◇◇◇◇◇◇◇◇◇◇◇◇◇◇◇◇
(1). Dikeluarkan oleh al-Imam Ahmad  dan ad-Daarimy , dari hadits Jubair bin Muth'im رضي الله عنه , dan dishohihkan oleh Syaikh Al-Albani رحمه الله تعالى dalam shohihul-jami' hadits no : 6766 .

(2). Dikeluarkan oleh al-Imam Muslim (2699) dari sahabat Abu Hurairah رضي الله عنه .

🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴

✒ Abu Kholid Rosyid al-Mausy
Malam rabu ,16-dzulhijjah-1436 H / 29-09-2015 M .
Di Ma'had Daarul-Atsar , kota Sorong - Papua Barat .

📝 Minhajus-Sunnah Jayapura .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar