Senin, 28 September 2015

Istiqoma di atas akidah bag 1

📚  ISTIQOMAH DIATAS AKIDAH (bagian : 1)
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على نبينا محمد وعلى آله وصحبه والتابعين  وتابعي التابعين ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين ، أما يعد :

     Sesungguhnya akidah merupakan asas dalam agama , dan jika tidak ada akidah maka tidak ada agama -yakni : bahwa agama itu tidak teranggap kecuali dengan akidah yang benar. Apabila akidah tidak benar , maka agama itu tidak lurus .
✅ Tidak akan lurus agama kecuali dengan benarnya akidah , oleh karena itu Allahتعالى memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk mengikuti jalan yang lurus , yaitu syari'at Allahتعالى yang terkandung didalam kitab-Nya dan sunnah rasul-Nya صلى الله عليه وسلم , dan yang terkandung pada amalan para sahabat رضي الله عنهم setelah beliau صلى الله عليه وسلم .

✅ Allahتعالى mengisyaratkan hal itu dalam firman-Nya :

📖 وأن هذا صراطي مستقيما فاتبعوه ، وﻻ تتبعوا السبل فتفرق بكم عن سبيله
( أﻷنعام :153)
" Dan ini adalah jalan-Ku yang lurus maka ikutilah, dan janganlah kalian mengikuti jalan-jalan (yang lain) sehingga akan mencerai-beraikan kalian dari jalan yang lurus itu ". (Al-an'am : 153 ) .

Demikian pula Allahتعالى berfirman memuji orang-orang yang istiqomah dan menjelaskan apa yang ada pada mereka :
📖 إن الذين قالوا ربنا الله ثم استقاموا تتنزل عليهم المﻻئكة أﻻ تخافوا وﻻ تحزنوا وأبشروا بالجنة التي كنتم توعدون ⊙ نحن أولياؤكم في الحيات الدنيا وفي الآخرة ولكم فيها ما تشتهى أنفسكم ولكم فيها ما تدعون . ( فصلت : 30-32 ) .

" Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan : " Rabb kami adalah Allah " , kemudian mereka istiqomah maka malaikat-malaikat akan turun kepada mereka (dengan berkata) : janganlah kalian merasa takut dan janganlah kalian bersedih hati dan bergembiralah dengan memperoleh surga yang dijanjikan untuk kalian . Kamilah pelindung-pelindung kalian dalam kehidupan dunia dan akhirat , didalamnya (surga) kalian memperoleh apa yang kalian inginkan dan apa yang kalian minta . Sebagai pemuliaan (jamuan) untuk kalian dari dzat yang Maha Pengampun dan Maha Penyayang . ( fusshilat : 30-32 ).

✅ Dan Allahتعالى berfirman memberikan peringatan terhadap hamba dan rasul-Nya صلى الله عليه وسلم , dan sebagai peringatan untuk umatnya setelahnya :

📖 " Dan kemudian kami jadikan kamu (wahai rasulصلى الله عليه وسلم diatas syari'at dari urusan (agama) ini , maka ikutilah syari'at itu dan janganlah engkau ikuti keinginan hawa nafsu mereka yang tidak mengetahui . Sungguh mereka tidak akan mampu menghindarkan engkau dari (adzab) Allah sedikitpun , dan sesungguhnya orang-orang dzolim itu sebagaian mereka adalah pelindung bagi sebagian yang lainnya , sedang Allah adalah hanya pelindung bagi orang-orang yang bertakwa .
( Al-jatsiyyah : 18-19 ) .

🔖 Terkandung pada ayat ini perintah untuk mengikuti syari'at dan larangan dari mengikuti selainnya dari orang-orang yang menyeru kepada selain jalan Allah . Dan Allahتعالى menghabarkan bahwa orang-orang yang berpegang teguh dengan agamanya dan mengikuti syari'at-Nya , serta istiqomah diatasnya bahwa mereka adalah wali-wali Allahتعالى , dan Allahتعالى menjadi pelindung mereka.

    ↩↪ Adapun orang-orang yang mengikuti jalan-jalan yang keluar dari jalan Allah dan meninggalkannya , maka sesungguhnya sebagian mereka adalah wali/pelindung untuk sebagian yang lain dan tidak ada bagi mereka dari Allah perlindungan sedikitpun ! .

📄 Ayat-ayat diatas mengandung perintah wajibnya mengambil syari'at beragama, berakidah , yang terambil dari kitabullah , dan sunnah rasul-Nya صلى الله عليه وسلم( karena sunnah itu menerangkan alquran )  dan terambil dari apa yang ada diatasnya Rasulullahصلى الله عليه وسلم dan para sahabatnya setelahnya .

✅ Allahتعالى berfirman :

فاستمسك بالذي أوحي إليك  إنك على صراط مستقيم ( الزخرف : 43 )

" Maka berpegang teguhlah dengan apa yang diwahyukan kepadamu , sesungguhnya kamu (wahai rasul) berada diatas jalan yang lurus " . (Az-zukhruf : 43 ).

📄Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda dalam hadits al-iftiroq :

Telah berpecah orang-orang yahudi menjadi tujuh puluh satu golongan , dan berpecah orang-orang nasrani menjadi tujuh puluh dua golongan , dan akan berpecah ummat ini menjadi tujuh puluh tiga golongan , setiap golongan/kelompok di neraka kecuali satu kelompok . Mereka (para sahabat) bertanya : siapa mereka (yang satu kelompok ) waha Rasulullah ? Beliau menjawab صلى الله عليه وسلم menjawab : mereka adalah orang-orang yang diatas apa yang aku dan para sahabatku diatasnya .
(Hr. Abu dawud dan Tirmidzi).

➡ Jika demikian maka keselamatan itu terjamin bagi orang-orang yang berjalan diatas kitabullah dan sunnah Rasulullahصلى الله عليه وسلم dan diatas jalan/manhaj yang ditempuh para sahabat رضي الله عنهم , dan diatas jalan ahlul-atsar .
Apabila dimutlakkan ahlul-atsar maka yang dimaksud mereka adalah :ahlul-hadits , karena tidak bisa diketahui yang haq dari yang bathil dan yang benar dari yang salah kecuali dengan hadits , dan tidak bisa diketahui amalan para sahabat kecuali dengan hadits .

توقفنا إلى هنا ، وصلى الله على محمد وعلى آله وصحبه وسلم .

Bersambung ke bagian yang ke-dua إن شاء الله تعالى ...

✅ Marja' :
📘Itmaamul-minnah bisyarhi ushulis-sunnah
✅ Karya :
Syaikh Ahmad bin Yahya An-najmy رحمه الله تعالى .

🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴🌴

✒ Abu Kholid Rosyid Al-mausy
Malam rabu , 09 dzulhijjah 1436 H /22 sept 2015 M.
Di Ma'had Daarul-Atsar , kota Sorong - Papua Barat .

📝 Minhajus-Sunnah Jayapura

Tidak ada komentar:

Posting Komentar